Sutoyo: Paralegal bisa Cegah Penegakan Hukum yang Sewenang-wenang

BATUBARA, Jurnalhariansumut.com – Peranan kader paralegal bentukan masyarakat marginal dapat mengkontrol proses penegakan hukum agar tidak terjadi penyimpangan dan tindakan yang sewenang-wenang. Sehingga paralegal di masyarakat menengah kebawah diharapkan mampu mencegah terjadi kesewenang-wenangan oleh aparatur penegak hukum dan aparatur pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) Batubara, Ade Sutoyo saat menjadi pembicara pada tranining “Lahirnya Pengabdi Bantuan Hukum yang Berintegritas dan Komit dalam Pemenuhan Hak-hak Hukum Masyarakat Marjinal.”

Acara tersebut digelar oleh Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Cakrawala Nusantara Indonesia (CNI) di Aula CNI Lantai II jl. Lintas sumatra, Perumahan Geriya No. 332 kecamatan Sei Balai kabupaten Batubara pada Sabtu (31/3/2018).

Gelaran tersebut juga menghadirkan pemateri akademisi Hukum khairul Abdi (Pembina YLBH CNI), serta Imam Satria yang merupakan mantan Kordinator LBH Medan Pos Asahan.

Sutoyo sapaan akrabnya, juga mengatakan bantuan hukum struktural untuk masyarakat miskin dapat mengubah kebijakan pemerintah dan membuka ruang peng-advokasi-an menjadi lebih baik.

“Peran paralegal di Kabupaten Batubara jika dapat diaktifkan secara serius, selain bisa menguatkan sistem keorganisasian masyarakat, juga dapat mengkontrol penegakan hukum agar sesuai koridor hukum dan mencegah terjadinya penyimpangan serta kesewenang-wenangan,” ujar Sutoyo yang juga merupakan mantan Paralegal LBH Medan Pos Asahan

Ia juga menegaskan rakyat Batubara harus punya sikap terhadap persoalan ini.” Sehingga rakyat juga butuh penyelesaian dan harus tanggap atas persoalan hukum, agar tidak diselesaikan dengan cara transaksional oleh oknum-oknum tertentu,” tandas Sutoyo

(TAF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.