Masalah Teknis SIRUP, SKPD Batubara Belum Umumkan RUP

JURNALHARIANSUMUT.COM – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batubara belum mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) nya pada Sistim Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) di Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) sesuai batas waktu yang ditetapkan yakni 27 Maret 2018.

Menurut Marlin Pasaribu, selaku Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat daerah (Setda) kabupaten Batubara, menjawab pertanyaan Jurnalhariansumut.com saat di hubungi pada Kamis (29/3) mengatakan, belum di-upload-nya Rencana Umum Pengadaan (RUP) dari Daftar Pelaksaanaan Anggaran (DPA)- di masing-masing SKPD tersebut karena server RUP yang dikembangkan LKPP tengah mengalami masalah teknis.

“Jadwal 27 Maret 2018 yang seharusnya ditetapkan LKPP untuk pengumuman RUP SKPD molor karena Server yang dikembangkan sedang mengalami masalah. Buktinya, dari puluhan tenaga admin dimasing-masing perangkat daerah (PD) yang mencoba meng-upload ke SIRUP hanya Dinas Pendidikan saja yang berhasil tayang. Dan untuk keseragamannya, kita sarankan untuk tidak menghubungkan dulu,” kilah Marlin.

Kesalahan teknis yang terjadi pada sistim SIRUP tersebut ujar Marlin, sudah disampaikan kepada pihak LKPP, dan saat ini tengah dilakukan perbaikan teknis.

“minggu depan SKPD diharapkan sudah bisa mengupload RUP-nya. Soalnya, kemarin pagi saya cek, aplikasinya baru aktif. Itu artinya, paling lambat senin pagi (1/3/2018/red) semua RUP SKPD sudah harus terinput,” pungkasnya.

Masih mengenai RUP-SIRUP, lanjut Marlin, pada senin (1/4/2018) pihaknya akan kembali menggelar pertemuan dengan tim tenaga teknis dimasing-masing SKPD. Pertemuan itu dilaksanakan guna untuk menindak lanjuti hasil pertemuan sebelumnya tentang pembahasan sistim RUP pada SIRUP.

“senin muka (1/4/2018) ada pertemuan lagi dengan tim teknis OPD. Pertemuan ini akan kita bicarakan banyak hal termasuk pemberian pemahaman teknis tentang SIRUP dan RUP. Bagi SKPD yang belum bisa akan di upayakan sampai benar benar bisa hingga tuntas,” tutupnya

Sakti Alam Siregar

 

Terpisah, Setda Kabupaten Batubara, Sakti Alam Siregar sebelumnya telah menginstruksikan ke masing-masing Perangkat Daerah (PD)/Unit Kerja Pemerintah untuk segera mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) kegiatan APBD Batubara tahun anggaran 2018.

”Sudah kita intruksikan melalui surat beberapa bulan lalu, kita sudah menyurati setiap PD/Unit Kerja agar segera menetapkan dan mengumumkan RUP Barang/Jasa tahun anggaran 2018,” ujar Sakti.

menurut Sakti, Dimana pemasukan data rencana umum pengadaan (RUP) setiap SKPD dilakukan oleh masing-masing tenaga administrasi yang ditunjuk, salah satu instruksi dalam suratnya itu, seluruh PD/Unit Kerja, wajib menayangkan rencana pengadaan dan pengumuman Pengadaan Barang/Jasa tahun anggaran 2018 di website PD.

”Selain di website PD, juga Portal Pengadaan Nasional melalui LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) di https://sirup.lkpp.go.id, baik untuk Pengadaan yang dilakukan dengan lelang, non lelang maupun swakelola,” terangnya.

Terkait adanya PD/Unit Kerja yang belum menindaklanjuti surat tersebut, Sakti mengatakan, belum mengetahuinya secara pasti. Karena kewajiban untuk mengumumkan RUP kegiatan Pengadaan Barang/Jasa dimaksudkan, ada di Perangkat Daerah/Unit Kerja masing-masing.

”Mungkin ada persoalan administrasi. Saya tidak tahu persis penyebabnya dimana. Pastinya dan sesuai instruksi Bupati bagi PD/Unit Kerja yang mengajukan permintaan penerbitan user id dan password untuk RUP, sudah kami tindaklanjuti. Sudah kami berikan himbauan, untuk info selanjutnya, coba Hubungi Marlin.” Cetus Sakti mengakhiri

(TAF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.