DPRD Sindir Sosialisasi KPU Batubara Hanya Sebatas Formalitas

JURNALHARIANSUMIT.COM- Rendahnya pengetahuan warga Kabupaten Batubara terhadap pelaksanaan pilkada menjadi perhatian serius bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) kabupaten Batubara, Kristian Manurung

Politisi dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu secara tegas meminta KPU Batubara lebih gencar lagi melakukan sosialisasi agar tingkat partisipasi pemilih Pilkada Serentak 27 Juni 2018 bisa tinggi. “Saya melihat sosialisasi KPU baru sebatas formalitas belum mengena dan efektif,” kata Kristian saat dihubungi via telepon, Jumaat (27/4/2018).

Kristian menyarankan KPU dan Panwas semestinya mengajak paslon untuk sosialisasi ke masyarakat. Bukan sebaliknya menghalang-halangi paslon dalam bergerak dan sosialisasi.

Apalagi dengan format pilkada seperti ini ruang gerak paslon terbatas 15 % karena media kampanye 85% semua dilakukan oleh KPU dan pengawasan dari panwaslu juga sangat ketat. “Yang kampanye door to door itu adalah paslon, sementara KPU kan tidak seperti itu,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan sosialisasi KPU dibawh pimpinan Mukhsin Khalid hingga saat ini belum dapat berjalan efektif. Sosialisasi KPU hanya menyasar simpul-simpul tertentu sementara yang belusukan hingga ke pelosok-pelosok justru paslon. Sehingga semestinya KPU berterima kasih ke paslon karena sosialisasi yang semestinya dilakukan mereka terbantu oleh paslon.

Panwas juga semestinya melakukan pengawasan ke KPU sejauh mana mereka melakukan sosialisasi. Jangan beraninya menurunkan dan memfoto-foto baligo paslon yang sebenarnya ikut menyosialisasikan pilkada.

Dia, Kristian Manurung sempat mengaku miris dengan kinerja KPU saat ini sehingga jika angka partisipasi pemilih nantinya di bawah 50% maka KPU dianggap telah gagal dalam melakukan sosialisasi.

“Kami akan pangil nanti KPU, terlebih akan mempidanakan KPU jika nanti angka partisipasi pilkada di Batubara di bawah 50%. Sia-sia anggaran besar yang telah dipanggarkan di DPRD tapi pesta demokrasi minim partisipasi,” tegasnya.

[TAF]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.