Survey Pilkada Batubara nomor ururt 1 Berjalan Bagaikan Armada Hantu

Jurnalhariansumut.com – Survey politik saat ini menjadi armada hantu (ghost fleet) bagi paslon nomor urut 1 di pilkada Batubara yang muncul sebagai upaya perlawanan baru bagi paslon tertentu dalam merebut opini publik pada proses penentuan pilkada serentak yang sebentar lagi akan di laksanakan.

Bagaimana tidak, paslon lainnya banyak yang terjebak dan khawatir dengan adanya riset sejumlah lembaga survey baik yang datangnya dari lembaga survey pesanan yang merangkap sebagai konsultan marketing politik hingga lembaga riset dari perguruan tinggi klaiman dari paslon nomor urut 2 dan 3.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa lembaga survey di Sumatera Utara masih sedikit yang mempunyai idealisme dan seringkali terdistorsi oleh kekuatan politik tertentu. Tidak mengherankan dengan munculnya pasangan Calon Harry Nugroho bersama Muhammad Syafi’i di pilkada Batubara dengan berbagai hasil survey elektabilitas pilkada yang cenderung berubah ubah di mata publik dinilai bagaikan cerita fiksi yang kini menakutkan bagi paslon dan timses yang merasa dirugikan, Yakni paslon nomor urut 2 Darwis – Janmat, Paslon Nomor urut 3 Zahir – Oky dan Paslon 4 Khairil Anwar dan Sofyan Alwi

Secara etik, hasil riset atau survey yang sebelumnya di klam pasangan Calon nomor urt 3 yang berasal dari lembaga indobarometer capai 36% dan nomor urut 2 Capai 20% tidak dapat dengan serta merta dipersalahkan, karena sangat tergantung dari alasan metodologis yang digunakan dan sesuai dengan kebutuhan peneliti yang berbanding terbalik dengan keinginan masyarakat sendiri. Yang penting adalah, lembaga yang melakukan riset tersebut mampu menjelaskan secara transparan mekanisme riset yang dilakukan.

Sebagai wawasan baru, bahwa metode terjun langsung untuk menyentuh hati warga khusus nya di Batubara hingga saat ini terbilang cukup mudah untuk dipahami dan lazim diaplikasikan dan dijalankan dengan beberapa jenjang pemilihan responden penelitian secara langsung.

hingga saat ini paslon Harry-syafi’i pada pilkada yang sebentar lagi akan menentukan berjalan Bagaikan Armada Hantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.