Saat BPK lakukan Audit, Kepala OPD Dilarang Tinggalkan Batu Bara

Jurnalhariansumut.com – Selasa (15/1/2019), Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara akan melaksanakan audit interim atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Batu Bara tahun 2018.

Sekretaris Daerah Batu Bara, Sakti Alam Siregar mengatakan audit tersebut dilaksanakan selama 30 hari.

“Selama audit BPK berlangsung nantinya, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (Badan, Dinas dan Camat) termasuk Kepala Bagian dilarang meninggalkan Batu Bara, harus senantiasa berada di tempat. Kecuali ada izin atau perintah dari pimpinan (Bupati),” beber Sakti, Senin (14/1/2019) tadi pagi.

Terkait dengan itu, kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sakti Alam Siregar yang juga mantan kepala Kantor Inspektorat Batu Bara ini juga mengingatkan untuk segera mempersiapkan data yang diperlukan BPK RI Perwakilan Sumatera Utara. ‘mungkin surat permintaannya sudah disampaikan ke masing-masing OPD. Segera persiapan dan lengkapi,” pesannya.

Sakti juga mengingatkan, bila selama audit berlangsung petugas BKP RI memanggil untuk meminta klarifikasi data atau informasi, agar jangan ditunda-tunda lagi.

“Segera penuhi. Jangan ditunda-tunda. Kalau terpaksa diwakilkan, yang mewakili tersebut harus benar-benar yang mengetahui persoalan secara baik. Jangan yang tak tahu apa-apa. Nanti yang ditanya ke kanan, jawabnya ke kiri. Jangan pula diwakilkan kepada pegawai honorer,” tegasnya lagi.

Sakti juga berharap, jika nanti ada temuan, untuk segera menindaklanjutinya sesuai tenggat waktu yang diatur dalam undang-undang; yaitu 60 hari.

Mengenai harapan, Sakti Alam Siregarberharap, semoga hasil pemeriksaan yang bakal dilakukan BPK RI Perwakilan Sumut tersebut memberikan hasil dengan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

“Harapan kita tentu demikian” ujarnya. (Red/jhs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.