Pisah Sambut Kalapas Labuhan Ruku, Bupati Sampaikan Ini

Jurnalhariansumut.com – Bupati Batubara Zahir menghadiri acara pisah sambut Kalapas Labuhan Ruku. Bupati mengapresiasi kinerja Kalapas sebelumnya, dan berharap kepada Kalapas yang baru untuk lebih menjadikan Lapas Labuhan Ruku sebagai tempat motivasi para tahanan agar hidup lebih baik dimasa mendatang.

Disamping itu, Zahir juga menyampaikan, kepala pimpinan kalapas agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memahami fisikologi para tahanan, selain itu diharapkan juga lembaga Pemasyarakatan ini dapat menyediakan Tempat pemungutan suara (TPS) khusus pada pemilu april 2019 mendatang.

Harapan tersebut disampaikan Zahir pada acara pisah sambut Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku dari pejabat sebelumnya Thurman Hutapea Bc, IP, SH, M,Hum kepada pejabat baru Kriston Napitupulu AMd, IP, SH, Kamis (14/1/2019) di halaman Lapas Labuhan Ruku.

Senada Ka Kanwil Kemenkumham Sumut Drs Priyadi mengaku bangga pada capaian kinerja Thurman. Menurutnya dengan anggaran yang sangat minim namun Lapas Labuhan Ruku dapat berubah menjadi lebih baik.

“Kita ketahui, sebelumnya kondisi Lapas ini belum rapi, tapi sekarang sudah berjalan pada arah yang lebih baik. Erbanyak program dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, bangun sinergi dan kolaborasi sebab 1000 langkah akan ditentukan oleh satu langkah”, ujar Ka Kanwil dalam kesan dan pesannya.

Diakui pejabat lama Thurman, awal tahun 2017, saat dirinya mulai bertugas sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Lapas tersebut tergolong Lapas terkumuh di Indonesia.

“Awalnya saya terharu melihat kondisi Lapas ini bahkan terlintas niat untuk meninggalkannya. Akan tetapi dengan niat dan semangat kerja serta tanggungjawab yang tinggi maka selama 2 tahun 10 hari bertugas di Lapas ini perubahannya bisa sama dilihat”, ujar Thurman yang dipromosikan sebagai Kalapas Kelas I Madiun Jawa Timur.

Thurman memohon maaf dan berterima kasih atas dukungan semua pihak dalam masa tugasnya di Labuhan Ruku.

“Saya berharap Bupati Batubara memperhatikan nasib Lapas Labuhan ruku karena sebagian dari warga binaan adalah masyarakat Batubara”, pintanya.

Terkait hal tersebut Plt Kalapas Labuhan Ruku Kriston Napitupulu mengaku penugasan dirinya merupakan tanggungjawab besar. Untuk itu dia berharap ASN dilingkungan Lapas saling mendukung agar proses pemasyarakatan bisa berjalan sebaik mungkin.

Menyinggung tentang pesta besar Pileg dan Pilpres 2019, Zahir meminta di Lapas Labuhan Ruku ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus. Begitu juga di kompleks PT Inalum yang sebelumnya sempat dialihkan diluar komplek.

“Ini dimaksudkan agar para pekerja tidak terhalang dalam menyalurkan hak suaranya pada pemilihan nanti,” imbuh Bupati. (Red/jhs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.