Jelang Pilbup Batubara, Warga: Ga Ada yang Ngasih (Uang), Pilih Saja Nomor 1

Jurnalhariansumut.com – Sejumlah warga mengaku belum menerima uang dari salah satu calon Bupati dan wakil Bupati yang akan dipilih pada Pilbub Batubara pada Rabu (27/6/2018) besok.

Berbagai cara dilakukan simpatisan pasangan calon dimulai dari membagi-bagikan stiker sampai terang-terangan menyarankan untuk memyoblos pasangan tertentu.

Udin Labon (55), warga Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, menuturkan beberapa waktu lalu simpatisan satu calon yang secara terang-terangan menyuruhnya agar memilih pasangan calon nomor 3, Ir Zahir Map pada pilbup Batubara nanti.

“Cuma saya enggak tahu paslon nomor tiga itu bagaimana asal usulnya, kalu ga ada satupun yang mau ngasihkan uang, pilih saja nomor 1, biar batubara ini bisa maju” katanya saat ditemui di Selasa (26/6/2018).

Berdasarkan pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya, baik pemilihan gubernur, bupati maupun calon legislatif, Udin Labon mengaku sering mendapat bujuk rayu untuk memilih calon tertentu.

Bahkan ada juga yang secara terang-terangan memberi uang alias ‘money politic’.

“Kalau dulu sering ada yang kasih (uang, red) buat milih salah satu calon. Kalau sekarang belum ada yang ngasih, jadi lebih baik kami pilih aja nomor 1,” ujarnya sambil tertawa.

Udin juga menambahkan berbagai cara dilakukan simpatisan dan tim sukses salah satu pasangan calon.

Salah satunya dengan menggelar bakti sosial seperti membagi-bagikan sembako dibulan ramadham silam.

“Nanti yang dikasih sembako, sambilan dikasih baju dan ada kalender pasangan calon legislatif, bupati dan lain-lain,” katanya.

Nek Jubaidah (58) warga Sei Suka mengaku belum memiliki pilihan saat pencoblosan nanti, di Pilbup Batubara.

“Kalau kemarin ada anak anak muda yang mengaku dari tim relawan no 3 ke sini. Ada juga yang ngasih stiker pasangan calon nomor 3 (calon Bupati Batubara) kalau enggak salah mereka terus foto-foto gitu. Kayaknya nyuruh milih nomor 3 tapi ga ada tu duitnya padahal orang kaya, karna saya sadar nomor 1 lebih baik, mending besok saya pilih saja pak Harry Nugroho nomor 1 ” ujarnya mengakhiri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.