Harry Nugroho Bakal Rombak Pejabat Cengegesan, Sekda Batubara: ‘Sesuai Usulan Mentri’

Jurnalhariansumut.com – Plt Bupati Batubara non aktif, Raden Mas Harry Nugroho berencana merombak habis struktur jabatan pegawai negeri sipil (PNS) yang cengegesan dalam melayani warga. Hal itu akan dilakukannya setelah aktif kembali menjabat pada 23 Juni 2018 mendatang.

“Terkait rencana Perombakan (PNS) itu, Kelihatannya harus dilaksanakan seleksi ujian terbuka sesuai Job desk Dinas, hal itu dilakukan dalam rangka ingin membentuk pemerintahan yang lebih baik melayani publik, transfaran dan akuntable,” kata Harry, Senin (11/6).

Harry meyakini, PNS yang rajin dan baik kinerjanya tidak akan stres menghadapi penilaian atas isu perombakan tersebut. Namun sebaliknya, pegawai yang malas-malasan dan cengegesan dalam melayani warga bakal stres menghadapi perombakan.

Mantan orang nomor dua di pemerintahan Batubara itu juga heran melihat kebijakan pejabat sementara (pjs) Bupati Batubara Faisal Hasrimy yang sebebelumnya nekat merombak sejumlah kabinet eselon II, 63 pejabat eselon III dan eselon IV, beserta 10 pejabat dari eselon III A-B yang sebenarnya masih dalam status godokan Raperda di Provinsi.

Atas prilaku Pjs yang diduga tak senonoh dan cengegesan itu, Harry sempat mengaku belum pernah menerima surat dari Faisal terkait pergantian dan pengisian jabatan di jajaran pemerintah Batubara, sehingga Harry pun mengatakan Faisal Hasrimy sudah seperti Bupati.

“Sejauh ini Pjs blum ada bersurat ke saya? Mana boleh bersurat ke saya orang pak Faisal sudah seperti Bupati. Saya kira Bupati itu bukan Pjs, tetapi Bupati,” ujar Harry, senin (11/6).

Adapun perombakan pejabat yang dilantik Faisal Hasrimy sebelumnya terhadap dua pejabat Eselon II dan 64 eselon III dan IV itu akan kembali di kroscek sesuai latar belakang pendidikan, job desk dinas dan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Sedangkan atas pengisian 10 pejabat eselon III A-B yang sempat terlanjur dilantik PJS nantinya akan di re-evaluasi sesuai perda.

Menaggapi hal itu Sekretaris Daerah Batubara, Sakti Alam Siregar mengatakan pada prinsipnya pejabat di lingkungan pemkab akan mengikuti instruksi tersebut apabila telah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)

“Enggak ada masalah ya. Prinsipnya kita pegawai siap siap saja, asalkan sudah memenuhi proses peraturan yang berlaku, akan kita eksekusi” ujar Sakti senin (11/6)

Sekretaris Daerah (kiri) Kadis Kominfo (kanan)

Sakti mengatakan, rencana perombakan pejabat di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu dinilainya sebagai langkah utama untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik. Pihaknya mengaku akan mengikuti keputusan itu  bila sesuai dengan usulan yang disahkan mentri dalam negeri (mendagri) dan sudah mendapat uji kelayakam dari KASN.

“Mungkin rencana perombakan itu supaya lebih ramping lagi ya, lebih efesien, dan compatible dalam rangka membentuk pemerintahan yang lebih baik melayani masyarakat secara luas, bagi kita tidak ada masalah, asalkan sudah sesuai usulan pemkab yang disahkan mentri dalam negeri dan KASN” tandasnya

[Jhs/*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.