Harry Nugroho: Akan Percepat Implementasi Poros Maritim Dunia, Untuk Bangun Batubara

Jurnalhariansumut.com – Dalam acara halal bihalal Calon Bupati Kabupaten Batubara nomor urut 1, Harry Nugroho menggelar rapat terbatas di komplek perumahan inalum di desa Tanjung Gading , Kabupaten Batubara, Rabu petang, (20/6/2018).

Rapat terbatas dengan seluruh tim pemenangan paslon Bupati dan wakil Bupati Batubara no urut 1 kali ini membahas tentang Percepatan Implementasi Poros Maritim dunia untuk membangun kabupaten Batubara. “Hampir 10 tahun kita sudah bicarakan masalah poros maritim dan ada banyak hal yang tidak diperhatikan Pak Ok Bupati sebelumnya karna hanya terfokus pada urusan setoran proyek, saya kira implementasinya ada yang sudah berjalan tapi ada banyak juga yang belum,” ujar Harry Nugroho ketika memberikan pengantar.

Sebagai sebuah daerah yang terletak di negara yang dua pertiga dari wilayahnya adalah laut, Kabupaten Batubara harus dapat memanfaatkan kondisi ini sebaik mungkin dalam meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD) guna sebagai modal utama dalam membangun dan mengentaskan kemiskinan di Batubara. “Kita harus manfaatkan posisi strategis yang berbatasan di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik itu,” tutur nya 

Lokasi geostrategis ini, lanjut Harry, harus dimanfaatkan dengan membangun pengembangan pelabuhan yang ada. “Kemudian dari situ selain kita pemerintah dapat memanfaatkan Corporate social responsibility, Payment of renewal fee, Kontribusi, beruapa pajak pendapatan untuk kepentingan umat, belum lagi keuntungan keuntungan lain dari proses bongkar muat, pengisisan Bunker  HSD/ MGO, MFO, MGO dan sebagainya. kita juga akan terus membagun konektivitas antar pulau, konektivitas kekuatan maritim dengan meminta pusat agar segera mempercepat peningkatan pembangunan tol laut,” ujar Harry.

Plt Bupati Batubara itu juga berharap bila kembali terpilih sebagai Bupati Batubara priode 2018-2023 akan melakukan perhatian secara khusus terhadap pembangunan yang berkaitan dengan _sea port_ , _deep seaport_ , logistik, industri perkapalan dan pengolahan ikan.

“Saya berharap pengolahan laut di sepanjang pantai yang berbatasan dengan Selat Malaka ini, bisa betul-betul kita kembangkan menjadi pelabuhan kelas dunia, dengan begitu nantinya Pemkab Batubara akan terus melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan besar untuk dapat mengentaskan persoalan kemiskinan dan penganguran yang ada, yakni dengan cara bekerjasama dengan pihak pelabuhan, perindustrian dan perkotaan yang di dalamnya akan meliputi aktivitas perniagaan dan perdagangan multinasional dalam satu kawasan terpadu”

Disampung itu, Lanjutnya, “kita juga akan meminta bila perlu memaksa pihak perusahaan yang berada dalam satu kawasan terpadu wajib menerima 70% para pekerja harus berasal dari putra dan putri Batubara; mulai dari Tenaga Helper, Asisten Operator, Operator, pangkat asisten, Staf Junior dan diatasnya lagi staf Senior. dan Alhamdulillah perjanjian dalam bentuk MOU itu sudah direspon baik oleh banyak perusahaan. Khususnya dalam meningkatkan SDM lokal, seperti pelatihan pelatihan bagi anak daerah akan tetap diprioritaskan melalui program dinas ketenagakerjaan yang akan bekerjasama dengan Pt Inalum, Pt Samudra Indonesia, PT Prima Multi Terminal ( PMT) Bersama perusahaan DHL multinasional di Jerman, dan perusahaan Federal Express (FedEx) corporation beserta perusahaan United Parcel Service Inc diamerika dan perusahaan TNT N.V di Belanda..” imbuhnya.

Kekayaan Laut Harus Berikan Kesejahteraan Rakyat

Kesejahteraan rakyat kabupaten Batubara juga akan menjadi perhatian serius bagi Harry Nugroho bila kembali dipercayakan untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai Bupati, dimana kekayaan laut terutama di selat malaka akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Pemanfaatan kekayaan laut kita, yang pasti seluruh kekayaan dan berbagai fasilitas, kita akan tetap dorong untuk kesejahteraan putra dan putri Batubara,” ujarnya

Aktivitas di laut, lanjut Harry , mencakup dibanyak sektor, yakni perhubungan laut, maritim, industri perikananan, wisata bahari, energi sumber daya mineral yang berkaitan dengan kekayaan sumber laut dan pariwisata kelautan akan dikelola sebenar benarnya untuk memajukan Batubara

“Saya kira banyak yang bisa kita kembangkan dari semua sektor itu,” tutup Harry mengakhiri

(JHS*af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.