Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Batu Bara Diharap Jadi Kontrol Sosial

Jurnalhariansumut.com – Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat kabupaten Batu Bara diharapkan menjadi perpanjangan tangan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, dalam meluruskan isu atau info yang beredar sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang aktual dan dapat dipercaya.

Hal itu dikatakan Bupati Batu Bara H.RM Hary Nugroho SE , usai menghadiri pelantikan Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat  Batu Bara di Sei Suka, (Jumat 21/12).

“Kita harap forum ini menjadi alat kontrol sosial yang baik bagi masyarakat, agar benar-benar dapat membedakan mana yang good news dan mana yang bad news,” katanya.

Dalam kesempatan itu turut hadir Kepala Dinas Kominfo Batu Bara Andri Rahardian SSTP, Ketua KPID Sumut Drs Parulian Tampubolon, beserta sejumlah komisioner KPID Sumut Drs Muhammad Syahrir, Ramses Manulang SH.

Ketua KPID Sumut, Drs Parulian Tampubolon mengharapkan, forum ini hendaknya dapat bersinergi bersama-sama melakukan pengawasan isi siaran televisi dan radio terhadap layanan siar yang ada di Batu Bara, karena itu adalah tugas utama mereka.

Harapannya forum itu bisa bersinergi dengan KPID Sumut dalam pemantauan dan isi siaran televisi dan radio serta memberikan laporan jika menemukan salah satu isi siaran yang dianggap tidak sehat atau bermasalah kepada KPID Sumut.

“Nantinya hanya KPID Sumut saja yang mempunyai hak eksekusi untuk memberikan teguran atau sanksi kepada lembaga penyiaran yang melanggar aturan,”

Sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, pada pasal 52 masyarakat juga berperan sebagai pengawas, sehingga dapat mengadu atau mengajukan keberatan terhadap program dan/atau isi siaran yang merugikan.

“Jika masyarakat menemukan temuan diharapkan catat stasiunnya apa, catat nama programnya, catat hari dan jam berapa siarannya, serta buat kesimpulannya, dan laporkan ke KPID pasti akan kita follow up bersama-sama dengan yang melaporkan,” tandasnya.

Susunan pengurus Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat Kabupaten Batu Bara yaitu Muhammad Suhaimi SE sebagai Ketua, Muhammad Yus Sag (Wkl Ketua) Desi Susanti (sekretaris), Umar SPdi/ Drs Sudarto (Ketua/anggota Divisi pengawasan isi siaran), Muhammad Hasbi Assiddiqi SH/ Misnan SH, (Ketua/Anggota Divisi Advokasi). (Red/jhs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.