DPRD Batubara Minta Kadis PU Dicopot, Setda: Jangan Berspekulasi, Kasihan Masyarakat

Jurnalhariansumut.com – Sekretatis Daerah (Setda) Batubara, Sakti Alam Siregar mulai mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak ke Plt Bupati Batubara , Harry Nugroho agar Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, Riswan Simarmata diganti.

termasuk diantara masukan itu berasal dari anggota DPRD Batubara, mengenai kinerja Pejabat Dinas PU. Namun, untuk mengganti pejabat. setda Batubara, Sakti mengatakan tidak setuju jika itu dilakukan terburu-buru, apalagi didesak mengambil keputusan tak menentu ditengah pembangunan yang sedang berjalan.

“Proses pembangunan saat ini masih berlangsung ya, jangan terlalu berspekulasi anggota dewannya itu,” ujar Sakti saat ditemui jurnalhariansumut.com di ruang kerjanya pada senin (30/7)

Anggota Komisi A DPRD Batubara, Sarianto Damanik sebelumnya meminta agar Plt Bupati Batubara, Harry Nugroho untuk sesegera mungkin menggantikan kepala dinas PU, Riswan Simarmata apabila tidak berkompeten menagani masalah pembangunan dan terlibat dalam dugaan gratifikasi proyek.

“Kepala Dinas PU, kalo terbukti sering buat gratifikasi atau terlibat dalam urusan gratifikasi, menurut saya Plt Bupati harus segera mengantikan Posisi Kepala dinas PUPR,” kata Sarianto Damanik saat diwawancarai di ruangan Paripurna, kamis kemarin 2(27/7).

Selain itu alasannya, kata Sarianto, Plt Kadis Pu, Riswan Simarmata tidak menguasai program kerja sehingga terjadinya keterlambatan kerja pembangunan di triwulan III.

Sarianto Damanik

“Masak, dia enggak paham apa yang dia mau lakukan setelah triwulan III ini? Ya, berhenti aja lah dari kursi plt kadis PU, kasi kesempatan kepada yang lebih berkompeten dalam masalah ini, masak Semangatnya enggak ada, cirinya enggak menguasai lah di PU. Kalau komitmen, dikasih tugas, ya, pelajari, kuasai dan kerjakanlah cepat cepatnya,” kata Sarianto.

Anggota DPRD Komisi A ini juga menambahkan, Plt Kadis PU, Riswan Simarmata harusnya memiliki mental yang kuat. Kompetensi tidak cukup jika tidak disertai mental kuat. “Saran saya, akhir bulan ini dia mestinya sudah diganti jika terbukti saat dievalusi nanti kinerja bobrok.”

Menaggapi nyinyiran anggota DPRD kepada plt Bupati Batubara itu, Menurut Setda Batubara, Sakti Alam Siregar, dirinya tetap menunggu petunjuk dari Plt Bupati. Namun disisi lain dia mengatakan proses pembangunan saat ini masih berlangsung baik, jangan terlalu berspekulasi dini anggota dewan nya, kasihan tu masyarakat ga dapat sentuhan pembangunan gara gara kepala dinas nya diganti nanti.

“Kita tunggu sajalah masa hasil evaluasi setelah hasil pengerjaan dikerjakan, kan ini proses pembangunan baru saja dimulai, kalo diganti, saya hawatir dapat mengganggu jalannya pembangunan ” ujarnya.

Sakti juga meminta publik bersabar soal evaluasi kepala dinas ini. Dia tak ingin pergantian pejabat dinas PU itu dapat menimbulkan kekhawatiran dan mengganggu jalannya roda birokrasi di lingkungan pemerintah setempat. “Kami berharap teman-teman media juga mendukung agar terciptanya situasi yang lebih baik ” cetusnya (jhs/tf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.