Cegah Siaran Tak Mendidik, FMPPS Batu Bara Dilantik

Jurnalhariansumut.com – Sejumlah perwakilan Organisasi Masyarakat, Lembaga Penyiaran, dan tokoh masyarakat di kabupaten Batu Bara sepakat untuk membentuk Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat (FMPPS) kabupaten Batu Bara. Hal ini guna mendorong hadirnya tayangan yang sehat, berkualitas, serta memiliki nilai edukasi.

Kehadiran Forum ini tidak hanya untuk menyeimbangkan penetrasi industri penyiaran yang demikian marak, tapi juga diharapkan dapat menghadirkan konten siaran yang memiliki nilai positif, nilai edukasi dan informatif yang tentunya memiliki dampak positif terhadap masyarakat, khususnya di kabupaten Batu Bara.

Hal tersebut disepakati dalam acara pelantikan FMPPS kabupaten Batu Bara yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID Sumatera Utara) dikecamatan Sei Suka, sabtu, (29/09/2018).

Dalam kesempatan tersebut hadir diantaranya Kepala Dinas Kominfo Batu Bara Andre Rahardian SSTP, Ketua KPID Sumut Drs Parulian Tampubolon, beserta sejumlah komisioner KPID Sumut Drs Muhammad Syahrir, Ramses Manulang SH.

Dalam sambutannya Ketua KPID Sumut,  Parulian Tampubolonmengatakan forum ini diharapkan menjadi sebuah wadah yang mampu menghadirkan peran publik dalam upaya menciptakan konten siaran yang sehat di kabupaten Batu Bara.

“Jika masyarakat menemukan temuan pelanggaran siaran diharapkan catat stasiunnya apa, catat nama programnya, catat hari dan jam berapa siarannya, serta buat kesimpulannya, dan laporkan ke KPID pasti akan kita follow up bersama-sama dengan yang melaporkan,” tandasnya.

Apalagi tambahnya, mengingat frekuensi yang digunakan oleh lembaga penyiaran adalah milik publik, maka sudah sepantasnya dikembalikan lagi ke publik dalam bentuk konten siaran yang bermanfaat, informatif dan berkualitas.

Ia juga menjelaskan bahwa “pembentukan forum ini sebagai upaya menegakkan regulasi yang termuat dalam UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran yang memuat soal peran publik dalam melakukan pengawasan isi siaran,” tutupnya.

Selain itu pada kegiatan tersebut, Muhammad Suhaimi SE dilantik sebagai Ketua, Muhammad Yus Sag (Wkl Ketua) Desi Susanti sekretaris, Umar SPdi/ Drs Sudarto Ketua/anggota Divisi pengawasan isi siaran, Muhammad Hasbi Assiddiqi SH/ Misnan SH sebagai Ketua/Anggota Divisi Advokasi. (Red/jhs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.